Saturday, April 04, 2015

Tips Membedakan Burung Kenari Jantan Dan Betina

Dengan semakin banyaknya penghobi burung,sehingga macam macam burung dipelihara oleh penghobi burung.Memelihara burung memang tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan,apalagi jika burung yang siap diperlombakan memerlukan biaya perawatan yang tidak sedikit.Tetapi merawat burung juga bisa menghasilkan rupiah dengan cara menangkarnya.
Burung kenari merupakan burung yang berasal dari bagian Timur Afrika,yang mempunyai keunikan,yang membuat para penghobi burung terpesona dan ingin memeliharanya.Keunikan burung kenari terdapat pada warna dan suaranya.Warna yang dimiliki antara lain kuning,putih,biru,coklat,orange,dll.Sedangkan keunikan pada suaranya yaitu dikarenakan suaranya yang nyaring dan terdengar merdu.
Burung kenari termasuk burung yang mudah dijodohkan hanya dengan menyatukan pasangan kenari jantan dan betina di dalam sangkar dan diberi wadah untuk meletakkan sarang dan telur.
images 6 e1402076812922 Tips Membedakan Burung Kenari Jantan Dan Betina
kenari jantan dan betina
Berikut tips membedakan kenari jantan dan betina agar tidak tertipu dari pedagang yang curang terhadap peminat burung:
  1. Membedakan anak2 kenari pada saat belum tumbuh bulu,akan terlihat jelas pada bagian kepala anak2 kenari jantan berbentuk datar atau lebih pipih,sedangkan yang betina bagian kepalanya terlihat lebih bulat.
  2. Anak kenari mulai membuka mata pada usia 6hari.Jika pada mata anak kenari sejajar dengan paruhnya,bisa jadi anakn kenari tersebut jantan.Jika posisi mata anakan kenari di atas paruh,kemungkinan anak kenari tersebut betina.
  3. Anakan kenari jantan berdiri lebih tinggi dan berbunyi lebih keras jika diberi makan.Sedangkan betina lebih diam karena kakinya pendek untuk merebut makanan dari anakan jantan.
  4. Warna pada anakan kenari jantan pada umur 5 bulan terlihat lebih tajam dan mencolok pada bagian kepala.Sedangkan betina warna kuning pada bagian kepalanya akan terlihat lebih terang.Anakan kenari betina akan duduk lebih rendah pada usia 6 bulan.
  5. Anus kenari jantan terlihat lebih menonjol dibanding dengan kenari betina.

0 komentar:

Post a Comment