Thursday, March 05, 2015

Pandangan, Inspirasi, dan Motivasi dari Guru-Guru Terbaik

Saya ingin berbagi tentang isi buku yang berjudul asli: “Teacher of The Year” (Guru Teladan Tahun Ini) yang diterjemahkan dengan izin dari The McGraw-Hill Companies, Inc. tanggal 28 Januari 2003 untuk diterbitkan dan diperdagangkan di Indonesia. Saya sudah tidak ingat kapan tepatnya membeli buku ini, mungkin sudah beberapa tahun yang lalu. Jangan melihat dari tahun buku ini, tapi lihatlah dari apa yang ingin dipersembahkan buku ini kepada para pahlawan tanpa tanda jasa.
Buku ini berisi lebih dari 400 kutipan tentang pandangan, inspirasi, dan motivasi dari guru-guru terbaik dari seluruh negara bagian di Amerika Serikat. Semoga nantinya akan ada penulis di Indonesia yang dapat mengumpulkan pandangan, inspirasi, dan motivasi dari guru-guru berprestasi dari seluruh Indonesia sehingga dapat menjadi motivasi bagi guru-guru di Indonesia untuk memajukan pendidikan di Indonesia… Amiiinn
Berikut ini beberapa kutipan dari guru-guru teladan di negara bagian Amerika Serikat:
1. Amelia Stanelle (Guru Teladan Tahun Ini dari Sekolah Menengah Blackmon Road, Muscogee County, Ohio)
  • Orang akan selalu melupakan apa yang kita lakukan. Mereka juga akan selalu melupakan apa yang kita katakan. Tetapi mereka tidak akan pernah melupakan apa yang mereka rasakan karena kita.
2. Stacey McMullen (Guru Sekolah Lanjutan Teladan Tahun Ini dari Texas Region XI)
  • Sewaktu di SMA, saya tidak pernah menjadi ratu kecantikan atau mahir olahraga. Saya selalu bertanya-tanya, “Apa yang saya bisa? Apa kelebihan saya?” Saya rasa, baru beberapa tahun terakhir ini saya menyadarinya. Dan itu membuat saya tersentuh. Saya sangat menyukai mengajar dan saya tidak pernah ingin berhenti melakukannya.
3. Paul Ratcliff (Guru Sekolah Dasar Teladan Tahun Ini dari Chesapeake, Virginia)
  • Guru adalah satu-satunya profesi yang membuat kita benar-benar bisa mengetahui kemajuan kita tahun demi tahun. Kita dapat melihatnya dalam perubahan anak-anak selama proses belajar dalam setahun, bagaimana mereka tumbuh dan bagaimana anak yang tadinya mengalami kesulitan akhirnya bisa menjadi lebih baik. Murid-murid saya cenderung menjadi cermin diri saya. Jadi, saya mencoba untuk menjadi contoh yang benar bagi mereka. Suatu hari nanti, saya berharap bisa menjadi guru yang benar-benar baik.
4. Barbara Dorff (Guru Sekolah lanjutan Teladan Tahun Ini dari Texas)
  • Guru yang baik terwujud dari hati.
5. Joan Kniss (Guru Teladan Tahun Ini dari Colorado)
  • Setiap hari adalah berbeda. Saat kita masuk ke kelas dengan suatu pelajaran, kita tidaktahu bagaimana akhirnya. Kita juga tidak tahu bagaimana anak-anak akan bereaksi. Begitulah, setiap hari adalah menyenangkan.
6. Richard Sprecher (Guru Teladan Tahun Ini dari Montgomery County, Maryland)
  • Hal yang indah tentang mengajar adalah bahwa semakin banyak kita memberi maka semakin banyak pula yang akan kita peroleh kembali.
7. David Lussier (Guru Teladan Tahun Ini dari Massachusetts)
  • Mengajar adalah profesi yang paling mulia. Saya tetap bisa bekerja, meski di hari yang terburuk sekalipun, karena saya tahu bahwa saya telah melakukan yang terbaik dengan melibatkan anak-anak. Setiap hari adalah berbeda. Setiap hari seorang anak mengatakan sesuatu yang belum pernah kita dengar sebelumnya. Atau seorang anak yang belum pernah mengatakan sesuatu tiba-tiba ikut terlibat dalam pembicaraan. Saat itulah saya merasa, “Wow, Saya punya andil didalamnya.”
8. Susan M. Rippe (Guru Teladan Tahun Ini dari Kansas)
  • Hal terbaik dari pekerjaan saya adalah dapat menghabiskan waktu bersama anak-anak. Mereka membuat saya tetap merasa muda.
9. Maureen Whelan Spaight (Guru Teladan Tahun Ini dari Rhode Island)
  • Satu hal yang sungguh saya cintai dari mengajar adalah bahwa tidak ada dua hari yang sama. Setiap hari selalu ada masalah baru, ide baru, dan cara pandang baru. Sangat menyenangkan bisa mendapatkan momen ajaib ketika seorang anak berkata, “Ya, saya mengerti.” Sungguh pekerjaan yang memuaskan.
10. Andy Baumgartner (Guru Teladan Nasional Tahun Ini dari Georgia)
  • Hal paling mengasyikkan dalam mengajar adalah saat saya menatap wajah seorang anak dan menyaksikan kebingungannya berubah menjadi konsentrasi. Lalu konsentrasinya berubah menjadi keterkejutan. Dan akhirnya, keterkejutannya berubah menjadi rasa bangga atas prestasinya.
11. Talita Denegri (Guru Teladan Tahun Ini dari Oklahoma)
  • Para muridlah yang membentuk diri kita menjadi kita yang sekarang ini.
12. Todd Fields (Guru Teladan Tahun Ini dari Maine)
  • Karya para muridlah yang membuat saya bahagia. Kesuksesan mereka adalah kebanggaan saya.
13. Denise Rigaud (Guru Teladan Tahun Ini dari Sekolah Dasar J.D. Floyd di Hernando County, Florida)
  • Saya pikir, tidak ada yang lebih hebat daripada melihat anak-anak meninggalkan kelas dan sekolah di akhir hari, sambil membawa karya seni mereka pulang dengan bangga dan tidak sabar untuk menunjukkannya kepada saudara dan orang tua mereka.
14. Judy Joerding (Guru Teladan Tahun Ini dari Sekolah Distrik Ferguson-Florissant di Missouri)
  • Hal terpenting yang diberikan oleh guru bukan hanya tertulis pada nilai ulangan, tetapi juga tertulis pada hati anak-anak.
15. Mary Moreland (Guru Teladan Tahun Ini dari Muscogee County, Ohio)
  • Anak-anak adalah rahasia terpendam yang kita coba raih di balik duri-duri. Mereka menyembunyikan diri dengan sangat baik di balik sifat pemalu, rasa takut, percaya diri yang rendah, kegagalan, dan kesedihan. Merupakan tanggung jawab kita untuk menemukan cara yang tepat dalam mengajar mereka.
16. Sharon Ivie (Guru Teladan Tahun Ini dari Colorado)
  • Semua anak berbakat. Tergantung para guru untuk membuka pintu bakat tersebut. Tergantung pada kita, setiap pendidik, untuk membuka setiap pintu bagi tiap anak. Tidaklah cukup hanya dengan menjadi pemberi pengetahuan. Kita tidak hanya harus mengisi ember dengan pengetahuan, tetapi juga harus menyalakan api antusiasme.
17. Sharon M. Draper (Guru Teladan Nasional Tahun Ini dari Ohio)
  • Seorang guru yang baik akan tersenyum selama mengajar. Ia tersenyum bukan hanya karena mata pelajarannya, tetapi juga kepada ruang kelas dan murid-muridnya. Ia tersenyum karena anak-anak merespon lebih cepat terhadap dorongan dan bukan terhadap peremehan. Ia tersenyum karena di akhir hari yang sangat panjang, dengan kertas-kertas untuk dinilai, formulir untuk diisi, dan pertemuan yang harus dihadiri, seorang anak bisa saja mengintip di pintu dan berkata, “Apakah besok kita akan menulis puisi lagi seperti tadi? Tadi sangat mengasyikkan!” Saat itulah saya akan tersenyum.
18. Rick Espinoza (Guru Teladan Ilmu Pengetahuan Tahun Ini dari New Mexico)
  • Sekitar lima tahun yang lalu, saya seperti layaknya guru yang ideal. Saya berdiri, mengajar, menulis rumus di papan tulis, melakukan sesuai petunjuk, membuat eksperimen, memberikan ujian, dan memberi nilai. Saya menyadari bahwa jika saya hanya menjadi guru rata-rata, murid-murid saya juga akan menjadi murid rata-rata. Oleh karena itu, saya harus meningkatkan standar.
19. Tom Turpin (Profesor Teladan Tahun Ini dari Indiana)
  • Orang akan belajar lebih banyak jika mereka menikmatinya. Cita-cita saya dalam mengajar adalah tidak ingin mengajar seperti cara guru saya dulu mengajar. Saya ingin mengajar dengan cara seperti yang saya harapkan saat saya dulu menjadi murid.
20. Vina Barr (Guru Teladan Tahun Ini dari Lake County, Florida)
  • Kami bukan hanya guru, kami adalah seniman pendidikan. Kami melukis pikiran orang-orang muda.
Semoga bermanfaat…

0 komentar:

Post a Comment