Sunday, April 05, 2015

Pantai Watu Karung Pacitan(Paradise From Java)

Belum lengkap rasanya berwisata ke pacitan jawa timur jika tidak mengunjungi tempat yang satu ini. Selain di kenal dengan sebutan kota 1000 goa, pacitan juga terkenal dengan wisata pantainya di beberapa tempat. Salah satunya adalah pantai watu karung.
Pantai watu karung memiliki eksotika pemandangan laut yang menakjubkan. Perpaduan batu besar yang ada di laut dan pasir putih yang terhempas sepanjang pantai membuat para pengunjung betah untuk berlama lama di sini. Selain di kenal dengan pasir putihnya, pantai watu karung juga menjadi incaran para pelancong untuk bermain surfing karena alunan ombaknya yang cukup besar. Sesekali saya lihat para pecinta surfing ini melintas untuk menuju tengah laut sambil membawa alat surfingnya.





Pemandangan dari bibir pantai


Pasir putih yang membentang terlihat bersih dari sampah, airnya pun terlihat jernih. Dan kalau kita melihat ke dalam air di pingiran pantai, ikan ikan kecil yang melintas terlihat jelas ikut terbawa oleh sapuan ombak dari tengah laut.
Jika di hari biasa pantai watu karung agak sepi dari pengunjung, ini terlihat dari jumlah pengunjung yang saya temui waktu itu. Tetapi lain halnya jika di hari libur, baik di hari minggu maupun libur hari besar, pantai ini akan terlihat ramai oleh para pengunjung, tutur salah satu pedagang warung kecil yang berada di sekitar pantai watu karung.



Hamparan pasir putih dengan air yang jernih


Lokasi pantai watu karung sendiri ber ada di desa watu karung kecamatan pringkuku kabupaten pacitan. jarak tempuh dari pusat kota kurang lebih masih berkisar 40 km. Akses jalan menuju ke lokasi bisa di tempuh dengan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat. Mengingat belum ada angkutan umum yang khusus menuju lokasi pantai watu karung dari jalan raya. Jalan menuju ke lokasi ini sudah baik, aspal halus. Tetapi bagi yang baru pertama kali mendaratkan kendaraan di jalan ini, anda harus ekstra waspada dengan tikungan yang tajam dam tanjakan yang lumayan curam. Sesekali tes andrenalin kan? he he.

Bagi pengunjung yang dari jawa timur atau dari arah timur, anda bisa melewati rute Ponorogo - pacitan via (Ponorogo - purwantoro - Nawangan - Arjosari - Pacitan ) Atau via (Ponorogo - Balong - Tegalombo - Arjosari - Pacitan).






Dari pacitan kota menuju ke lokasi ada dua jalur yang bisa anda lewati :



Pertama, via jalan raya Pacitan - Solo.

Jika melewati jalur ini, dari pacitan kota sepanjang jalan raya anda akan di suguhi panorama pantai teleng ria, karana jalan menuju pantai watu karung menyusuri di sekitar pinggiran pantai teleng ria yang tanpak dari atas. Di lanjutkan memasuki hutan lebat milik pemerintah samapai di kecamatan pringkuku.

Kedua, via jalan pintas desa sedeng.

Jika melalui jalur ini perjalanan akan lebih singkat, karena akses jalan langsung menembus di kecamatan pringkuku.
Dari kedua jalur ini jalan yang di tempuh sudah bagus, tetapi jika melewati jalan desa sedeng anda akan lebih banyak merasakan banyak tanjakan.
Sesampai di kecamatan pringkuku anda akan mendapati petunjuk arah yang menuju lokasi pantai watu karung.

Bagi pengunjung yang berasal dari jawa tengah atau jogja, anda tidak harus sampai di pacitan kota. Karena lokasi berada di jalan menuju ke arah pacitan kota.
Dari Surakarta -Sukoharjo - Wonogiri - ngadirojo - batu - donorojo - punung - pringkuku - watu karung.
Dari Jogja - pracimantoro - donorojo - punung - pringkuku - watu karung







Jika anda sudah samapi di sekitar lokasi, disarankan untuk lebih banyak bertanya tentang keberadaan lokasi, mengingat masih jarang sekali petunjuk lokasi jika sudah hampir memasuki lokasi pantai watu karung.
Belum ada tiket masuk untuk memasukinya, karena pengelolaan masih belum maximal dari pemerintah daerah termasuk akses menuju ke daerah sini.
Untuk parkir kendaraan masih gratis, dan bagi anda yang membawa motor, anda bisa membawa motor sampai ke bibir pantai.
Penasaran seperti apa pesona eksotika nya pantai watu karung? silahkan mengunjungi.
Berikut hasil jepret jepret ala kadarnya :



Teduh












lebayyy







0 komentar:

Post a Comment